Tips Fire Safety: Hal-Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Kebakaran

Tanggal :30/10/2020 11.22.00 Penulis : Ardian

Fire Safety merupakan tindakan yang dilakukan sebagai pencegahan dari terjadinya kebakaran. Hal ini bisa diterapkan dimanapun, baik di rumah, sekolah maupun tempat kerja. Mencegah terjadinya kebakaran tidak hanya dilakukan dengan menginstal beberapa alat pemadam otomatis di sebuah gedung atau bangunan. Lebih tepatnya, pencegahan harus dilakukan dari menghilangkan penyebab munculnya api itu sendiri.

Ada beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari untuk melindungi bangunan dari bahaya api seperti cara-cara berikut ini:

1.      Perhatikan dan Gunakan Alat Listrik Secara Benar

Salah satu penyebab kebakaran yang paling sering terjadi adalah munculnya tegangan yang disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan peralatan listrik. Anda harus tahu betul cara menggunakan setiap peralatan listrik yang ada di rumah Anda. Sebelum membelinya tanyakan lebih dahulu kepada penjualnya atau baca intruksi dalam kemasannya.

Contoh sederhana bisa diambil dari penggunaan kabel ekstensi. Kabel ini tidak boleh digunakan untuk peralatan yang menggunakan banyak tenaga listrik seperti oven atau diffuser. Kabel ekstensi didesain untuk membantu Anda melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu misalnya menyetrika sembari mengisi daya ponsel. Letak dan cara penyimpanannya pun harus diperhatikan tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan.

2.      Cek Suhu dan Bau Peralatan Sebelum Digunakan

Apabila Anda hendak menggunakan peralatan listrik, jangan dilanjutkan jika tercium bau aneh atau peralatan terasa panas. Bisa saja sudah terjadi gangguan yang tidak Anda sadari. Anda bisa segera meminta bantuan teknisi untuk memeriksa kondisi peralatan tersebut dan segera diganti apabila memang sudah tidak bisa digunakan lagi.

3.      Letakkan Peralatan di Tempat yang Aman

Menggunakan peralatan listrik harus di tempat yang sesuai dan tidak boleh berdekatan dengan cairan, uap maupun gas. Salah meletakkan peralatan listrik bisa memicu kebakaran karena beberapa bahan sangat mudah memercikkan api jika sudah bersentuhan dengan energy listrik.

4.          Alat Pemadam Kebakaran

Apabila semua fire safety sudah dilakukan, maka yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menginstal alat pemadam kebakaran. Kebakaran bisa saja terjadi meskipun Anda sudah berusaha sekuat tenaga untuk mencegahnya. Oleh karena itu jangan merasa percaya diri karena kedisiplinan dan kecerdasan Anda dalam menggunakan serta menempatkan peralatan listrik.

Tetap senjatai bangunan atau gedung milik Anda dengan alat pemadam kebakaran agar Anda    bisa segera dipadamkan bahkan saat jumlahnya masih sedikit. Alat pemadam yang sudah terpasang harus dicek sekala berkala paling tidak setiap lima tahun karena alat tersebut tidak bisa berfungsi selamanya. Pastikan bahwa setiap alat masih berfungsi agar dapat diandalkan di saat-saat darurat.

Jika Anda menggunakan sistem alarm, periksalah setiap bulan agar Anda yakin bahwa alat tersebut masih berfungsi untuk memberitahukan adanya kebakaran sejak dini. Sebuah gedung yang dipasangi sistem alarm secara otomatis akan mengandalkannya. Tak ada suara berarti tak ada api. Jika alat rusak dan tak menimbulkan suara sedangkan kebakaran sedang terjadi, maka Anda akan dipenuhi dengan rasa panik karena tidak ada kewaspadaan diri.

Cara yang Bisa Dilakukan di Saat Darurat

Segala cara bisa dilakukan namun musibah terkadang tidak bisa dielakkan. Jika memang Anda terjebak dalam bangunan yang terbakar, jangan pikirkan apapun selain melarikan diri. Lari dan keluar dari bangunan adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Itulah kenapa mengetahui letak pintu darurat di setiap bangunan yang Anda masuki sangatlah penting agar Anda tahu kemana harus lari jika ada api.

Jangan pernah mencoba melawan api dan memadamkannya sendiri. Anda bukanlah orang yang tepat untuk melakukannya. Melawan api membutuhkan peralatan khusus agar tubuh terlindungi. Apabila baju Anda terbakar, jangan panik dan padamkan dengan kain yang tidak mudah terbakar seperti selimut atau karpet.

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot